Senin, 24 Desember 2012

PENGENALAN KOMPUTER


 PENGENALAN KOMPUTER


Komputer merupakan perangkat elektronik yang beroperasi di bawah perintah pengendali yang disimpan di dalam memory dan diproses dan menghasilkan sebuah informasi. Komputer juga dapat diartikan sebagai alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan.
Komputer pada umumnya berbicara mengenai Monitor, CPU, Mouse dan Keyboard. Namun ada juga komputer portable, yang biasanya disebut Laptop.
Monitor atau sering kita sebut Layar tampilan Komputer. Istilah monitor biasanya digambarkan pada sebuah kotak layar yang dapat menampilkan sesuatu dari komputer. Selain itu pula istilah monitor terkadang digambarkan untuk menilai kemampuan grafis.

Ada banyak cara untuk menggolongkan monitor.  Tetapi cara yang paling sering digunakan adalah dengan melihat kemampuan dari warna yang dihasilkan monitor tersebut. Minitor dapat di bagi menjadi 3 kelas, diantaranya :
  • Monochrome: Monitor Monokrom biasanya menampilkan dua warna, warna background dan satu lagi adalah warna foreground. Warna tersebut adalah warna hitam dan putih, hijau dan hitam dan Kuning dan hitam.
  • Gray-scale : Gray Scale monitor adalah jenis special dari monitor monochrome yang dapat menampilkan bayangan ungu yang berbeda.
  • Color : Monitor Color adalah monitor berwarna yang memiliki 16 hingga 1 juta warna yang berbeda. Monitor berwarna ini terkadang disebut monitor RGB karena monitor tersebut dapat menerima 3 sinyal yang berbeda, Merah (Red), Hijau (Green) dan Biru(Blue).
CPU atau Central Processing Unit merupakan salah satu komponen utama dan memegang peranan yang sangat penting dalam sistem komputer. CPU bertugas mengolah data berdasarkan instruksi yang ia peroleh.

Bagian CPU terdiri dari:
  • Unit kontrol bertugas mengontrol komputer sehingga terjadi sinkronisasi kerja antar komponen dalam menjalankan fungsi-fungsi operasinya. termasuk dalam tanggung jawab unit kontrol adalah mengambil intruksi-intruksi dari memori utama dan menentukan jenis instruksi tersebut. Bila ada instruksi untuk perhitungan aritmatika atau perbandingan logika, maka unit kendali akan mengirim instruksi tersebut ke ALU. Hasil dari pengolahan data dibawa oleh unit kendali ke memori utama lagi untuk disimpan, dan pada saatnya akan disajikan ke alat output. Dengan demikian tugas dari unit kendali ini adalah:
    • Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output.
    • Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama.
    • Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan) untuk diproses.
    • Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika serta mengawasi kerja dari ALU.
    • Menyimpan hasil proses ke memori utama.
  • Register merupakan alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi, yang digunakan untuk menyimpan data dan/atau instruksi yang sedang diproses. Memori ini bersifat sementara, biasanya di gunakan untuk menyimpan data saat di olah ataupun data untuk pengolahan selanjutnya. Secara analogi, register ini dapat diibaratkan sebagai ingatan di otak bila kita melakukan pengolahan data secara manual, sehingga otak dapat diibaratkan sebagai CPU, yang berisi ingatan-ingatan, satuan kendali yang mengatur seluruh kegiatan tubuh dan mempunyai tempat untuk melakukan perhitungan dan perbandingan logika.
  • ALU unit yang bertugas untuk melakukan operasi aritmetika dan operasi logika berdasar instruksi yang ditentukan. ALU sering di sebut mesin bahasa karena bagian ini ALU terdiri dari dua bagian, yaitu unit arithmetika dan unit logika boolean yang masing-masing memiliki spesifikasi tugas tersendiri. Tugas utama dari ALU adalah melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan instruksi program. ALU melakukan semua operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan sehingga sirkuit elektronik yang digunakan disebut adder.Tugas lain dari ALU adalah melakukan keputusan dari suatu operasi logika sesuai dengan instruksi program. Operasi logika meliputi perbandingan dua operand dengan menggunakan operator logika tertentu, yaitu sama dengan (=), tidak sama dengan (¹ ), kurang dari (<), kurang atau sama dengan (£ ), lebih besar dari (>), dan lebih besar atau sama dengan (³ ).ALU sendiri juga masih terbagi menjadi dua komponen utama, yaitu
1.      arithmetic unit (unit aritmatika), bertugas untuk menangani pengolahan data yang berhubungan dengan perhitungan, dan
2.      boolean logic unit (unit logika boolean), bertugas menangani berbagai operasi logika.
  • CPU Interconnections adalah sistem koneksi dan bus yang menghubungkan komponen internal CPU, yaitu ALU, unit kontrol dan register-register dan juga dengan bus-bus eksternal CPU yang menghubungkan dengan sistem lainnya, seperti memori utama, piranti masukan /keluaran.
FUNGSI CPU
Fungsi utama CPU adalah menjalankan program-program yang disimpan di memori utama dengan cara mengambil instruksi-instruksi dari memori utama dan mengeksekusinya satu persatu sesuai dengan alur perintah. Pekerjaan ini dilakukan dalam dua tahapan yaitu membaca instruksi (fetch) dan melaksanakan instruksi tersebut (execute). Proses membaca dan melaksankan ini dilakukan berulang-ulang sampai semua instruksi yang terdapat di memori utama dijalankan atau komputer dimatikan. Proses ini dikenal juga sebagai siklus fetch-eksekusi.
Saat sebuah program dieksekusi, data mengalir dari RAM ke sebuah unit yang disebut dengan bus, yang menghubungkan antara CPU dengan RAM. Data kemudian didekode dengan menggunakan unit proses yang disebut sebagai pendekoder instruksi yang sanggup menerjemahkan instruksi. Data kemudian berjalan ke unit aritmatika dan logika (ALU) yang melakukan kalkulasi dan perbandingan. Data bisa jadi disimpan sementara oleh ALU dalam sebuah lokasi memori yang disebut dengan register supaya dapat diambil kembali dengan cepat untuk diolah. ALU dapat melakukan operasi-operasi tertentu, meliputi penjumlahan, perkalian, pengurangan, pengujian kondisi terhadap data dalam register, hingga mengirimkan hasil pemrosesannya kembali ke memori fisik, media penyimpan, atau register apabila akan mengolah hasil pemrosesan lagi. Selama proses ini terjadi, sebuah unit dalam CPU yang disebut dengan penghitung program akan memantau instruksi yang sukses dijalankan supaya instruksi tersebut dapat dieksekusi dengan urutan yang benar dan sesuai.
CARA KERJA CPU
Saat data dan/atau instruksi dimasukkan ke processing-devices, pertama sekali diletakkan di RAM (melalui Input-storage); apabila berbentuk instruksi ditampung oleh Control Unit di Program-storage, namun apabila berbentuk data ditampung di Working-storage). Jika register siap untuk menerima pengerjaan eksekusi, maka Control Unit akan mengambil instruksi dari Program-storage untuk ditampungkan ke Instruction Register, sedangkan alamat memori yang berisikan instruksi tersebut ditampung di Program Counter. Sedangkan data diambil oleh Control Unit dari Working-storage untuk ditampung di General-purpose register (dalam hal ini di Operand-register). Jika berdasar instruksi pengerjaan yang dilakukan adalah arithmatika dan logika, maka ALU akan mengambil alih operasi untuk mengerjakan berdasar instruksi yang ditetapkan. Hasilnya ditampung di Accumulator. Apabila hasil pengolahan telah selesai, maka Control Unit akan mengambil hasil pengolahan di Accumulator untuk ditampung kembali ke Working-storage. Jika pengerjaan keseluruhan telah selesai, maka Control Unit akan menjemput hasil pengolahan dari Working-storage untuk ditampung ke Output-storage. Lalu selanjutnya dari Output-storage, hasil pengolahan akan ditampilkan ke output-devices.

Diagram blok sederhana sebuah CPU
Mouse adalah sebuah alat yang berguna memasukan data ke komputer dan berupa sebuah perintah untuk menggerakan pointer pada komputer.

Keyboard adalah sebuah alat yang berguna memasukan data ke komputer berupa short key, tulisan, huruf, angka maupun simbol.

Cara mengelola informasi di dalam komputer yaitu:
ØInput (Memasukan data)
Ø Process (Data diproses)
Ø Output (Data disampaikan)
Ø Storage (Penyimpanan)
Ø Communication (Komunikasi)
Perangkat Input adalah hardware yang digunakan untuk memasukan data dan instruksi.
Perangkat Output adalah hardware yang digunakan untuk menyampaikan informasi untuk satu atau lebih orang.
Sistem Unit adalah komponen elektronik yang digunakan untuk memproses data.
Komponen utama dalam Motherboard yaitu Memory, Processor, dan VGA.
Media penyimpanan di komputer dapat melalu beberapa alat seperti, Hardisk, Flashdisk, Microchip, CD, DVD maupun Disket.
Keunggulan Komputer adalah bisa untuk menyimpan data, bisa menjadi sarana komunikasi, membuat pekerjaan lebih ringan dan cepat.
Kelemahan Komputer adalah bisa membuat pelanggaran privasi, bisa merusak kesehatan bila terlalu lama di depan komputer, dan juga bisa dibuat untuk hal-hal negatif lainnya.
Dalam media komunikasi melalui komputer, kita juga akan mengenal yang namanya Internet, yang digunakan untuk berbagi informasi, software, aplikasi-aplikasi, maupun data-data tertentu, yang nantinya bisa didapatkan oleh pengguna antar komputer.
World Wide Website (WWW) adalah halaman yang biasanya digunakan sebagai jaringan untuk menghubungkan antar jutaan bisnis, instansi pemerintah, lembaga pendidikan dan individu.
Internet biasanya dipakai para penggunanya untuk berkomunikasi, mencari informasi, berbelanja online, akses bank dan investasi, mencari hiburan, dan juga untuk mendownload data seperti MP3, Movie, dll.
Komputer yang hebat adalah komputer yang mempunyai program dan aplikasi yang terpadu, itu semua tidak lepas dari penciptanya yang biasa disebut Programer.
Programer adalah seseorang yang mengembangkan aplikasi atau sistem perangkat lunak, programer menulis instruksi langsung kepada komputer, sehingga data bisa diolah menjadi sebuah informasi.
Dua jenis komputer yang paling populer yaitu
- PC dan biasanya menggunakan sistem operasi Windows.
- Apple Macintosh dan biasanya menggunakan sistem operasi Macintosh.
Ada juga komputer versi portable, yang biasa disebut dengan Laptop, biasanya lebih kecil dan mudah dibawa kemana-mana, tetapi memiliki harga yang lebih mahal.
National Science Foundation

National Science Foundation (NSF) adalah lembaga pemerintah Amerika Serikat yang mendukung penelitian fundamental dan pendidikan di semua bidang non-medis ilmu pengetahuan dan teknik. Dana NSF sekitar 20 persen dari seluruh penelitian dasar federal didukung dilakukan oleh perguruan tinggi Amerika Serikat dan universitas. Dalam beberapa bidang, seperti matematika, ilmu komputer, ekonomi dan ilmu-ilmu sosial, NSF adalah sumber utama dukungan federal.
Program National Science Foundation ( NSF ) yang diciptakan pada tahun 1997 digunakan untuk menghubungkan 50 situs universitas dan ilmu komputasi.
Yang pertama dari dua program yang didanai NSF adalah National Computational Science Alliance (Aliansi), yang dipimpin oleh National Center for Supercomputing Applications (NCSA) di Urbana, Illinois. Program kedua, Kemitraan Nasional Advanced Komputasi Infrastruktur (NPACI) dipimpin oleh San Diego Supercomputer Center di University of California di San Diego.
Pusat Supercomputer :
* The John von Neumann Center di Universitas Princeton.
* San Diego Supercomputer Center (SDSC) di University of California, San Diego,
* Pittsburgh Supercomputing Center (PSC) di Universitas Carnegie Mellon dan University of Pittsburgh,
* The National Center for Supercomputing Applications (NCSA) di University of Illinois di Urbana-Champaign,
* Pusat Cornell Teori (CTC) di Universitas Cornell.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar