Selasa, 25 Desember 2012

PENGENALAN KOMPUTER GRAFIS

Sebelumnya dalam kesempatan kali ini saya ingin mengucapkan Mohon Maaf Lahir dan Bathin ya kawan, maaf jikalau kata atau tulisan saya banyak yang menyakitkan hati, hehe..

Oke kawan, jangan kaget ya jika kali ini postingan saya agak berbeda dari yang biasa saya post karena ini menyangkut nilai kuliah Komputer Grafik nih. Jadi singkat cerita saat awal perkuliahan dosen saya memberikan tugas untuk meresume materi dan menampilkan di blog masing-masing. Jadi disini jika ada salah kata atau apapun mohon kawan-kawan koreksi atau pembetulan, karena saya juga manusia biasa, hehe.. ^_^

Konsep Dasar Komgraf ialah materi yang akan sedikit saya ulas atau saya rangkum. Mungkin kawan-kawan bertanya, Apa itu komputer grafis? komputer grafis ialah suatu proses pembuatan, penyimpanan dan manipulasi model atau gambar. Komputer grafis berhubungan dengan aspek pembuatan gambar menggunakan komputer dengan perangkat hardware, software dan aplikasi. Disini yang dimaksud dengan hardware ialah sebuah PC yang dilengkapi dengan graphic card untuk modeling dan rendering, Software ialah maya yang digunakan untuk modeling, dan dapat dibangun dari OpenGL dan aplikasi ialah penggambaran objek dari matahari dalam lingkungan dome (planetarium). Dalam komputer grafis di dalamnya harus meliputi penampilan informasi, desain , simulasi dan animasi dan yang terakhis adalah user interface.

Bagaimanakah perjalanan dari hardware sehingga dapat menjadi sebuah grafis?? disini saya akan menjelaskan melalui gambar saja ya kawan.. :)
 


Ada 2 jenis gambar yang umum dijumpai dalam komputer grafis, yaitu raster dan vektor. Apa itu raster?? raster ialah struktur data yang merepresentasikan piksel dalam grid atau warna yang bisa ditampilkan pada monitor, kertas atau medium lainnya. Contoh :

Sedangkan vektor ialah penggunaan bentuk geometri primitif (point, garis lurus, lengkung, dll) yang berbasis persamaan matematika untuk membentuk gambar. Contohnya :

1 komentar: